Wednesday, January 30, 2008

Bekas tambalan bisa ditambal

Biasanya khan kalo bekas tambalan ban tuh kalo da bocor (karena ban dah mulai tipis atau gimana) dah sulit untuk ditambal ulang. Bisa sih, tapi resiko besar yaitu serat baja banyak yang akan putus lagi dan at last ngejendol atau bunting. Nah, trik dengan lem Power Glue ternyata juga bisa koq untuk bocor macam ini.
 
Yang pasti, bocor dipastikan dari situ yaaa. Caranya ban dicopot, kasi tekanan angin yang rada tinggi (34) trus ntar cek pake air sabun (inget jangan maen sabun yaaa). Ntar keliatan koq gelembungnya muncul dari mana aja... Trus tentukan titik titiknya( tepatnya diapalin dulu). Siapin alat tempur, yaitu pembuka pentil, obeng tes pen (yang ukuran biasa aja.. jangan yang gedeeee dan usahakan ujungnya minus atau pipih bukan yang kembang), lem power glue, pompa (kalo cape ya bawa ke tambal ban aja.. skalian minta dipasangin, kena 5000 aja dan surat kabar / majalah / tabloid / dvd.
 
Caranya :
Angin dikeluarkan dulu ampe abis. Lebih afdol pentil dibuka, agar lemnya nanti ga muncrat balek. Trus, dititik yang telah ditentukan, ditusuk pelan pelan dengan obeng tes pen (beli di pasar cuma 2000-an. Ntar bisa pake lagi buat yang laen to?). Usahakan mepet ama tambalan lama. Ntar akan ada lubang kecil yang dengan cepat ketutup tuh. Jika ada 2 titik lebih, lakukan hal yang sama.
 
Nah, power glue-khan biasanya ada corong tajamnya tuh, langsung tancepin disitu. Trus alirkan pelan-pelan dengan pelan-pelan pula diangkat tuh lemnya. Jangan ditekan terlalu kuat. Jauhkan wajah dari sekitar bocoran, takutnya power glue ntar muncrat dan beresiko kena wajah. Kalau meleler alias luber, ga masalah koq. Lakukan hal yang sama pada titik yang lain jika ada.
 
Setelah itu, biarkan minimal 30 menitan, lebih lama lebih baik. Nah, selama menunggu, surat kabar / majalah / tabloid / dvd tuh berperan penting. ^_^
 
Setelah selesai, pasangkan lagi pentil ban dan kencangkan. Pompa ban sampe tekanan tinggi (34-36) lalu cek dengan air sabun. Apakah masih ada bocor. Jika sudah ga ada, silahkan dipasang lagi. Selesai deh.
 
Fungsi alat - alat.
Pembuka pentil = membuka pentil.
Lem Power Glue = menambal lubang.
Obeng tes pen minus = dengan ujung yang pipih dan tipis serta badan yang kecil, diharapkan bisa menyelinap diantara celah celah kebocoran tanpa merusak kawat yang ada ataupun kawat tersebut putus karena bocor sebelumnya, tidak menambah putusnya kawat yang lain.

No comments: