Sunday, February 17, 2008

Gaji PNS Pemda DKI ga jadi naek???

Baca berita berita kemaren, gaji pegawai negeri sipil untuk DKI ga jadi naek dengan alasan Tidak ada payung hukum oleh DPRD DKI Jakarta. Buseeeet...
Disamping itu, biaya-biaya pelayanan umum juga direvisi, seperti Transjakarta, Banjir Kanal Timur, Perparkiran. Bagaimana pelayanan mau bagus kalo anggaran dipotong sedemikian rupa, terlebih gaji nih. Pada baca berita ga? kalo kagak, nanya om google aja.
Seperti kita tau yak.. Khan skarang jamannya lagi edan, dimana harga-harga naik drastis, tapi anehnya naeknya ga serentak tapi satu persatu. Tentu aja gaji yang paling diharapkan untuk naik menutupi pos anggaran rumah tangga keluarga. Naaaaa... Kalo biaya naek tapi pemasukan tetap, silahkan tebak apa yang terjadi...
 
Gw rasa pungli alias pungutan liar alias kalo kata orang penggede adalah korupsi yah lahirnya dari sini. Bagi yang kecil kecil ini, mereka nyari makan sehingga untuk memenuhinya yaaaa larinya ke sini. Atau nyambi kerja yang lain. Tapi bagi yang perutnya dah pada buncit kekenyangan, korupsi ada karena serakah. Beda tuh tujuannya tinggal bagaimana kita melihatnya aja.
 
Kembali ke topik yang gw tulis di atas, DPRD bilang ga ada payung hukum. Emangnya ente bukan manusia ya? Ente perutnya dah pada kenyang, makanya ga perlu naek gaji. Yang dibawah ente itu tuh.. yang kesulitan. Ntar ente bilang DPRD ga naikkan gaji tapi menaikkan anggaran sidang, anggaran mobil, anggaran plesiran, anggaran study banding, anggaran potong rambut, anggaran ngerawat kucing dan laen laen.. Ya sami mawon lah. Tapi berkoar-koar agar pelayanan publik yang kekurangan duit dapat berjalan maksimal. Rumusan dari mana tuh?? Ga ada rumusan gaji kecil hasil maksimal. Yang ada gaji kecil plus korupsi hasilnya hancur hancuran sih iya.
 
Berani ga tuh seluruh anggota DPRD yang "katanya" terhormat dan "katanya" wakil rakyat DKI ini hanya nerima gaji dan tunjangan kendaraan aja?
 
Anggota DPRD (apalagi DPR) tuh kerjanya ga berat, cuma duduk di ruang kerja. Kalopun keluar juga hanya kunjungan ke manaa gitu dan nuntut ini itu tapi liat aja.. gajinya bisa lebih dari 10x-nya daripada seorang manager yang kerjanya malah lebih berat. Musti ngatur sana sini dan laen laen.
 
Yah, emang dunia ini serba tidak adil dan ketidak adilan ini nantinya akan berbalas di akhirat koq.... Tuhan memang Maha Adil dan Maha Bijaksana.

No comments: