Monday, January 14, 2008

Barbeque-an di malam taon baru...

Tempo hari saat gue ama teman-teman kuliah ngerayakan tahun baru di Bintaro, disalah seorang rumah teman, gue mendapatkan pengalaman tambahan mengenai masakan.... Kalo istilah kampungnya kita namakan Barbeque-an, kalo istilah kerennya namanya bakar-bakaran (entah bakar apa.. rumah bole juga).
 
Gue inget banget, plan buat barbeque-an tu awalnya dari rencana teman gue yang namanya Nia dan membicarakannya ke Ninta. Dan gue bingung, biasanya gue kalo taon baru emang pasti ngerayakan ama temen-temen, entah temen kuliah yang dulu atau yang sekarang, atau teman-teman sma. Dan secara yang namanya Nia ini udah serasa jadi Event Coordinator , jadi gue kontak dia kalo saja anak-anak punya acara. Ternyata dia juga dah kebingungan dan kepikiran, serta udah ngomongin ke James, Momo dan Oka tapi bingung mau ngapain?
 
Ada 2 opsi waktu itu, yaitu nongkrong di cafe kemang sampe pantat beleran dan kedua stay disuatu tempat sambil buat aktivitas. Gue usulkan stay di rumah Nia sambil BBQ-an. Dan setujulah..  Bayangkan, tu gue telp jam 8 pagi. Jadi gue nganter bokap nyokap ke Nur Syifa dulu (tempat pengobatan.. Coba minta om Google buat nyari), dan setelah jam 12 siang gue jemput mereka langsung gue berangkat ke Makro Kelapa Gading buat belanja. Kebetulan banget gue dapet tugas buat belanja keperluan coz yang lain ga tau musti beli daging dan kawan kawannya dimana sementara gue inget banget kalo Makro khan harganya lebih murah dari hypermarket lain (ups.. bukan promosi sih.. tapi emang bener) hanya aja belinya musti glondongan alias grosiran.
 
Dan kemudian inilah list yang dibeli :
 
Makanan Utama :
Daging Sirloin. Belinya yang dari New Zealand karena lebih murah dan dalam kemasan beku. Beli 3 kg untuk 20 orang (meski pada akhirnya kelebihan juga sih).
Sosis Kanzler Beef Bockwurst (kebetulan lagi discount dari harga 29rb-an non ppn menjadi 25rb dah ppn, serta beli 2 dapat 1 dan setiap pak isi 5... damn.. emang enak nih Kanzler setelah gue pernah nyobain sosis Winner Beef Bockwurst).
Daging Ayam tanpa tulang beli 2kg.
 
Makanan sekunder :
Kentang goreng. Ambil yang curah aja.. itungannya per kilo. hehehehe... toh sama aja rasanya.
 
Bahan makanan pendukung :
Saus BBQ. Gile.. ini sampe rebutan coz emang lagi laku. Gue musti rebutan ama ibu-ibu. Maaf bu, badan saya emang besar jadi rada ngalangin. hehehehe.. Gue belinya yang merk Kraft, itu juga rekomendasi teman-teman.
Saus Sambal ABC. hmm.. dah tau dong rasanya..
Mentega : Blue Band dah cukup meski sebenarnya margarin lebih baik sih. Buat nambah rasa.
Coca Cola dan Sprite : Cola buat diminum biasa, Sprite untuk bikin Fruit Punch yang pada ujungnya hasilnya mengenaskan. hahahaha.. Ini juga abis-abisan. At last, gue beli yang isi 600ml ada 4 biji, Ninta di lain tempat beli yang kalengan. Buset deh.
 
Pendukung lain :
Tempat pembakaran : Gue ambil merk Maspion yang Stainless Steel. Yang discounant dah abis.. hiks.. padahal lebih besar. Ini kecil banget, cuma muat 3 daging dan 2 sosis doang sekali bakar. Tapi ini juga rebutan coz tinggal 2 dan yang satu kakinya bengkok. Gw dah pegang duluan sementara ada orang yang liat-liat trus ditaruh lagi. Eh, ternyata doi juga ngambil yang sama.
Arang : Gue juga beli arangnya di Makro. Arang pake batok kelapa. Belinya per kilo.
Kipas : Kipas sate dari anyaman bambu.
Gelas : Sengaja gue beli gelas dari kertas agar sekali pake untuk acara ini doang. Sekali beli isi 30 pcs. Cukup lah.
 
Dan ini sebenarnya masih ada yang tertinggal.. Tapi akan diceritakan ntar lagi.
Pulanglah gue ke rumah jam 3 sore. Barang-barang basah gue taruh di kulkas gue (dimana nyokap dah nyerocos coz beliau juga belanja daging tapi kulkas dah penuh.. maafin aku yaaaa). Cuaca saat itu cerah dan panas banget.. Kalo ga salah inget, itu hari kedua dimana Jakarta cerah dan panas.
 
Jam 5-an gue janjian ama teman-teman untuk beberapa gw jemput sekalian jalan dan 1 arah ke rumah Nia. Pertama kali gue jemput si Ninta yang sudah membawa perlengkapan tempur. Oya, gue juga bawa beberapa pisau steak. Dari rumah Ninta di kawasan elite jakarta selatan, gue bergerak ke rumah si kecil Putri. Cepetlah keduanya dari berdandan ampe ready to go. Nah, di tempat ketiga inilah paling nyebelin, yaitu saat jemput ke temen gue yang bernama Slamet. Yap... Jangan salah sangka yaaa, dijaman gini ada yang masih bernama sangat ke-jawa-an banget. hehehehehe.. no offense, gue juga orang jawa soalnya. Sorry met.. hahahahaha...
 
Disinilah kita menunggu tiada akhir sampe jam 6:30-an (alias hampir 1 jam) menunggu Slamet mandi dan siap-siap. Padahal yang kaum cewe dua tadi, rasanya dah cepet banget. Pengen gue ceritakan disini tapi ga tega...
 
Dan setelah Slamet masuk mobil, yang disertai dengan tawa riuh rendah kaum hawa dimobil, bergeraklah kita ke rumah calon aktor dan model kita, yaitu Endi, seorang dengan tinggi badan mungkin sampe 190-an. Lu bayangin, gue yang ampir 180-an musti ngedongak kalo bicara ke Endi. Dan dari Endi, kita berangkatlah menuju Bintaro dengan bagasi dan muatan penuh tapi perut masing-masing kelaparan. Eh, jam 8-an gitu kena macet di Bintaro deket Aussie Burger, kena hujan. Mana deres banget. Aneh.. Tapi kalo orang cina bilang, hujan di malam taun baru tuh menandakan panen besar dan kemakmuran. Amiiiiin.
 
Sampailah kita dirumah Nia, dan segera mempersiapkan segala macam barang. Tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii....... nah ini nih yang kita ga kepikiran. Gimana musti nyalain arangnya? Hahahaha.. mulailah segala macam cara dicoba, mulai dari kertas koran dibakar secara biasa, sampe keluar ide gila dari Slamet agar sebelum dibakar dikasih minyak goreng dulu. Jadilah, halaman belakang rumah Nia melebihi tempat bakar Sate. hahahaha... Kita mencoba hubungi si Berry yang ga kunjung datang, ternyata kita lupa beli starternya. Minimal minyak tanah atau Spiritus. Buset deh. Keluarlah gue ditemani James, mutar ke Giant Supermarket untuk mencari 2 barang itu, daaaan ternyata habissss !!! Yang ada dan tersisa hanyalah briket batok kelapa yang bentuknya kotak-kotak kubus. Sudah begitu hujan deras pula, serta masih ada yang kurang yaitu minyak goreng dan beberapa bumbu macam garam, merica, merica hitam (black peper) dan sebagainya.
 
Naaaa... penasaran khan gimana kita menyalakannya?? To Be Continue yaaa... Pegel nulisnya.

No comments: